Monday, July 12, 2021

Cara Enable, Disable dan Uninstall Package Pada Mikrotik

 


MEN ENABLE/DISABLE DAN UNINSTALL PACKAGE



Assalamualaikum Agan2 semua, kembali lagi di blog saya. Terimakasih sudah berkunjung di blig saya. Pada Blog kali ini saya akan membahas materi masih tentang Mikrotik Dasar, yaitu ngebahas cara meng enable/disable/uninstall package pada Mikrotik.

 

Bang? Emangnya buat apaan di disable apalagi di uninstall lagu package nyaa, Apa gak  ngerusak Mikrotiknya tuh?. Sebenernya kalo agan2 melakukan disable dan unisntall package, gak akan ngerusak Mikrotiknya. Agan melakukan disable/uninstall package guna nya untuk mengurangi resource pada mikrotiknya….

 

Jadi,  ngapain agan2 gak pake package nya tapi agan2 enable, kan sayang resourcenya.  Nih saya kasih contoh ; Misal agan2 gak pake package IPv6/ di jaringan agan masih menggunakan IPv4. Nah bisa tuh package IPv6 nya agan2 disable dulu. Okee contoh berikutnya, misalnya agan2 sama sekali gak mengguanakan fitur MPLS pada Mikrotik agan, bisa agan disable aja, ato bahkan agan uninstall packagenya karena memang agan gak akan pernah menggunakan fitur tersebut. Intinya kalo sekiranya Mikrotik agan gak menggunakan package tertentu, mending agan2 disable aja yaa. 😊

 

Pada Materi kali ini saya menggunakan tipe Mikrotik RB-941 haplite ya gan,

 

Sooo kalo gitu, langsung aja kita lab kan.. biar gak penasaran wkwkw

 

Pada Lab ini kita dapat menggunakan 2 cara :

  1. GUI ( Winbox dan Webfig )
  2. Terminal ( Telnet dan SSH )



1. VIA Winbox

Pertama kita buka winboxnya…

 

Sekarang saya coba dulu untuk yang disable packagenya, sebagai contoh saya akan melakukan disable package  MPLS, karena saya gak pernah menggunakan fitur MPLS pada Mikrotik saya.


  • Langkah awal klik “System”
  • Setelah itu klik “Package”
  • Pilih package yang akan kita disable atau enable atau uninstall ( tinggal meng klik disable, enable ataupun uninstall )
  • Lalu klik “Reboot”
  • Dan klik “yes”


 






























Setelah selesai reboot, coba login lagi ke winbox dan lihat package MPLS tadi yang kita disable, maka hasilnya dia akan terdisable yaaa. '






Beriktunya saya akan coba enable package IPv6 yang pada awalnya disable. Package ini juga saya belum pernah menggunakannya, jadi saya jadiin contoh buat lab


 
  • Langkah awal klik “System”
  • Setelah itu klik “Package”
  • Pilih package IPV6
  • Klik Enable
  • Lalu klik “Reboot”
  • Dan klik “yes”




















2. VIA Webfig 

Webfig dan Winbox hampir tidak ada bedanya ya gan, karena masih sama bersifat GUI, jadi cara mengkonfigurasikan nya pun sama saja langkah - langkahnya. Dan sebagai contoh saya akan mengenable kann lagi Package MPLS untuk percobaan. Oke.. langsung kita lab kan.


  • Pertama2 masuk dulu ke webfig ( ketik IP Router pada URL browser ) 
  • Jika sudah masuk, Pilih “System”
  • Setelah itu klik “Package”
  • Pilih package MPLS
  • Klik Disable
  • Lalu klik “Reboot”
  • Dan klik “yes”


















































































3. VIA Telnet

Untuk Telnet dan SSH berbeda ya gan, kita pake versi commandnya, tenang...command nya juga gampang kok gak susah2 amat, Oke? langsung cuss ke labnya

  • Pertama, buka cmd di laptop/pc
  • Ketik "telnet (IP Mikrotik)" 
  • Jika sudah kebuka telnetnya, masukan username dan password
  • Lalu kalo udah masuk telnet, ketik command "system package print"
  • Selanjutnya, ketik command “system package disable ipv6                                     
  • Terakhir, ketik command "system reboot" dan setelah itu ketik y









































Kalo sudah seperti gambar diatas, maka nanti telnet akan disconnect karena router di reboot, tunggu beberapa detik dan akses lagi telnetnya, maka hasilnya package ipv6 sudah terdisable.














4. VIA SSH

Nahhh...kalo SSH ini harus ada software tambahan yang harus di download gan, seperti contohnya saya menggunakan putty untuk mengakses via ssh. gampang kok caranya, konfigurasinya gak ada bedanya sama telnet. karena saya pake software putty, jadi saya contohin nya kalo menggunakan putty yaa :)


  • Pertama, buka putty di laptop/pc
  • Pilih ssh, dan ketikan IP Mikrotiknya, pastikan portnya 22 ya (port ssh)
  • Jika sudah, Klik OK
  • kalo udah masuk sshnya masukan user dan password, lalu ketik command"system package print"
  • Selanjutnya, ketik command “system package enable ipv6                                     
  • Terakhir, ketik command "system reboot" dan setelah itu ketik y















































Kalo sudah seperti gambar diatas, maka nanti putty akan disconnect karena router di reboot, tunggu beberapa detik dan akses lagi puttynya dan masuk ke ssh, maka hasilnya package ipv6 sudah terenable kembali.














Gimana?? gampang kan?, kalo masih belum paham coba diulang lagi dari atas, baca pelan2 dan di mengerti ya gaan, gak usah terburu2 wkwkw. Oke yaa untuk materi kali ini saya udahi dulu, Terimakasih

Wassalamualaikum Wr.wb


0 comments:

Post a Comment